Attherton maupun Weisman mendefinisikan Perpustakaan sebagai salah satu jenis sistem informasi yang spesifik. Merupakan suatu kumpulan dokumen (dalam arti luas), yang terorganisasi, serta terpelihara untuk kepentingan rujukan dan bahan ajar. Namun menurut saya definisi ini belum pas untuk mendefinisikan Perpustaka-an Perguruan Tinggi. Mengapa? Karena fungsi dan tugas perpustakaan di perguruan tinggi lebih dari sekedar definisi tersebut. Menurut saya Perpustakaan Perguruan Tinggi harus didefinisikan sebagai berikut: sebagai salah satu jenis sistem informasi yang spesifik. Merupakan suatu kumpulan dokumen (dalam arti luas), yang teror-ganisasi, serta terpelihara untuk kepen-tingan rujukan dan bahan ajar Selain melakukan fungsi-fungsi pengumpulan bahan pustaka, pengolahan bahan pustaka (katalogisasi), serta melakukan layanan sirkulasi bahan pustaka, per-pustakaan juga melakukan penciptaan, publikasi, serta disseminasi informasi. Bahkan perpustakaan juga melakukan pengumpulan rekaman hasil-hasil pe-nelitian dan pengembangan ilmu pe-ngetahuan dan teknologi sejak peren-canaan, sedang berjalan dan sesudah selesai. Dengan definisi demikian maka ruang lingkup kegiatan perpustakaan dapat menjadi lebih luas, misalnya:
Kegiatan-kegiatan yang berbasis pengelolaan pustaka dan/atau infor-masi.
Kegiatan-kegiatan yang berbasis pu-blikasi.
Kegiatan-kegiatan yang mengarah ke pengembangan sistem.
Kegiatan-kegiatan preservasi infor-masi
Kegiatan-kegiatan yang berbasis la-yanan informasi
Kegiatan-kegiatan analisis data dan hubungan dengan pemakai, dan
Kegiatan-kegitan yang bersifat pe-ningkatan mutu SDM
Dengan definisi seperti tersebut maka dapat diturunkan fungsi seperti berikut:
Sebagai pusat sistem belajar mengajar bagi sivitas akademika perguruan tinggi yang bersangkutan sehingga menghasilkan lulusan yang bermutu tinggi.
Sebagai tempat terselenggaranya pe-nelitian bagi sivitas akademika per-guruan tinggi sehingga ilmu penge-tahuan dan teknologi dapat berkem-bang dengan baik.
Sebagai sarana untuk kerjasama dengan pihak-pihak luar perguruan tinggi dalam pengumpulan, pengo-lahan serta penyebarluasan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sebagai sarana untuk mengakses informasi baik di dalam kampus maupun luar kampus, bahkan luar negeri.
Sebagai sarana untuk pemanfaatan koleksi secara bersama dengan perpustakaan lain sehingga memper-lancar pencarian maupun penyebaran informasi.
Kondisi Minat Baca Saat Ini
Mendiskusikan kondisi minat baca mahasiswa saat ini, saya kira kita harus melihatnya secara menyeluruh. Masalah ini tidak bisa berdiri sendiri. Secara historis kita harus lihat lingkungan mahasiswa tersebut sejak anak-anak. Barangkali kita bisa melihat lingkungan keluarga sekitar kita tinggal. Bagaimana sebagian besar keluarga disekitar kita membina minat baca anak-anaknya. Saya bisa katakan kurang baik. Lihatlah acara anak-anak pada hari minggu. Sebagian besar anak akan berada di depan TV sejak pukul 7.00 sampai paling tidak pukul 10.00 atau bahkan lebih. Hampir tidak ada anak yang tekun membaca pada jam-jam tersebut. Dua penelitian minat baca yang pernah saya lakukan (tahun 1995 dan 1996) menunjukkan bahwa sebagian besar orang lebih banyak menghabiskan wak-tunya untuk nonton TV dibandingkan dengan membaca (sebagian besar nonton lebih dari 3 jam sedangkan membaca sebagian besar kurang dari 1 jam setiap hari). Bahan bacaannyapun sebagian besar hanya membaca koran dan majalah. Tidak terlalu banyak orang yang membaca buku. Ini kan membuk-tikan bahwa minat membaca kita masih kalah dibandingkan dengan minat menonton. Nah…kebiasaan ini akan terbawa oleh anak tersebut sampai dia menjadi mahasiswa. Saya kira data kunjungan ke perpustakaan oleh maha-siswa juga memperlihatkan betapa sedikitnya mahasiswa yang memanfaat-kan perpustakaan. Paling banyak maha-siswa berkunjung ke perpustakaan tidak lebih dari 10 % dari total populasi mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa berkunjung ke perpustakaan tidak lebih dari 1 kali dalam sebulan. Mahasiswa lebih suka berkumpul di kantin daripada di perpustakaan Pertanyaannya adalah: Apa saja kira-kira penyebab kurang-nya minat baca mahasiswa tersebut? Selain hal-hal yang saya kemukakan di atas, saya kira kurangnya bahan bacaan adalah salah satu sebab utama minat mengunjungi perpustakaan. Banyak dosen, terlepas dari benar atau tidak, yang mengatakan bahwa koleksi pribadi dia lebih baru-baru dibandingkan dengan yang dimiliki oleh perpustakaan. Yang kedua, ruang baca yang kurang nyaman juga menjadi faktor kurangnya minat mahasiswa dan dosen datang ke perpustakaan. Biasanya untuk bisa membaca dan bekerja dengan tekun diperlukan ruangan dan fasilitas yang cukup, berpendingin, bersih, dan tidak gaduh. Bagi dosen umumnya mengi-nginkan tempat yang terpisah dari mahasiswa.
Upaya meningkatkan minat dan budaya baca di PT
Di lingkungan pendidikan, promosi membaca hendaklah dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. Usaha ini antara lain adalah:
Adanya perpustakaan yang memadai
Menurut Keputusan Menteri Pendi-dikan dan Kebudayaan RI nomor 0686/U/1991 tentang Pedoman Pen-dirian Perguruan Tinggi salah satu syarat untuk mendidirkan perguruan tinggi adalah adanya sarana dan prasarana perpustakaan. Dalam SK tersebut disebutkan sekurang-ku-rangnya perguruan tinggi memiliki gedung/ruangan seluas 500 meter persegi. Namun untuk dapat menarik mahasiswa masuk ke perpustakaan maka ruangan harus ditata sedemi-kian rupa sehingga pengunjung men-jadi betah di perpustakaan.
Adanya koleksi yang juga memadai
Koleksi merupakan komponen yang paling penting bagi perpustakaan. Koleksi yang harus dimiliki oleh perpustakaan adalah sekurang-kurangnya buku wajib bagi setiap mata ajaran, dengan jumlah memadai. Menurut SK Mendikbud 0686/U/1991 setiap mata kuliah dasar keahlian dan mata kuliah keahlian harus disediakan dua judul buku wajib dengan jumlah eksemplar sekurang-kurangnya 10 % dari jum-lah mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut. Untuk meningkatkan koleksi ini memang cukup mahal. Namun bila pustakawan memiliki kreatifitas tinggi, maka dia dapat memanfaatkan tawaran-tawaran do-nasi dari beberapa instansi baik nasi-onal maupun internasional. Bahkan saat ini banyak dokumen baik buku, artikel jurnal maupun tesis dan disertasi yang dapat diperoleh gratis dari internet.
Penciptaan lingkungan yang kondusif
Lingkungan akademik yang baik (academic atmosfer) akan mendo-rong mahasiswa untuk menggunakan perpustakaan. Dosen yang rajin membaca akan selalu memberikan tugas membaca bagi mahasiswanya. Jika perpustakaan dapat memberikan layanan yang baik dan menyediakan kebutuhan literatur yang dibutuhkan oleh pengguna, maka saya yakin mahasiswa akan banyak mendatangi perpustakaan. Lingkungan akademik ini memang tidak bisa diciptakan sendirian oleh perpustakaan, namun harus bekerjasama dengan dosen dan pimpinan universitas.
Promosi minat baca
Ketidak-datangan mahasiswa dan dosen ke perpustakaan sering dise-babkan karena ketidak tahuan maha-siswa dan dosen tersebut terhadap keberadaan koleksi serta layanan perpustakaan. Karena itu promosi kepada mahasiswa dan dosen perlu dilakukan dengan gencar. Saat ini promosi dapat dilakukan melalui web site, mailing list, surat elek-tronik kepada dosen perorangan, dan bahkan memanfaatkan pertemuan atau rapat di fakultas maupun jurusan.
Melakukan Lomba Menulis
Perpustakaan dapat bekerjasama dengan pihak luar baik penerbit buku maupun produk-produk yang lain mengadakan lomba menulis. Tingkatan lomba dapat dibuat misal-nya ada lomba menulis abstrak atau ringkasan artikel, ringkasan buku dan lain-lain. Namun juga bisa lomba menulis artikel utuh. Dengan hadiah yang menarik biasanya lomba ini dapat menarik minat mahasiswa untuk ikut dalam lomba tersebut. Jangan lupa perpustakaan harus membuat promosi besar-besaran jika mengadakan acara ini.
Peranan staf pengajar dalam peningkatan budaya baca
Di perguruan tinggi staf pengajar atau dosen mempunyai kedudukan istimewa. Mereka mempunyai andil besar dalam menentukan baik buruknya mutu perguruan tinggi. Karena keisti-mewaannya inilah maka staf pengajar mempunyai peranan dalam mening-katkan budaya baca-tulis di perguruan tinggi.
Pelaksanaan program bimbingan perpustakaan (awal kuliah)
Pada awal kuliah biasanya dosen selain memperkenalkan diri, memberi gambaran awal tentang mata kuliahnya, juga memberikan informasi bahan bacaan atau bahan ajar yang menjadi pegangan wajib bagi mahasiswa yang mengikuti kuliahnya. Pada saat memberikan in-formasi bahan ajar inilah dosen hen-daknya juga mengingatkan bahwa bacaan tersebut ada di perpustakaan. Tentu saja sebelumnya dosen harus mengecek ke perpustakaan apakah buku pegangannya sudah dimiliki oleh perpustakaan atau belu. Bila be-lum, maka perpustakaan harus ber-usaha untuk mendapatkannya baik melalui fotokopi (tentu saja yang tidak melanggar hak cipta), maupun membeli aslinya.
Kadang-kadang pada setiap topik kuliah dosen memberikan bahan bacaan khusus seperti artikel jurnal atau bagian dari bahasan sebuah buku. Dosen bisa memberikan tugas untuk menerjemahkan bacaan ini, atau minimal membuat ringkasan.
Keterlibatan dalam pengelolaan perpustakaan
Dosen yang terlibat dalam pengelo-laan perpustakaan atau staf perpus-takaan yang juga menjadi pengajar (luar biasa) mempunyai keuntungan dibandingkan dengan dosen yang tidak terlibat dalam pengelolaan perpustakaan. Biasanya mereka akan lebih banyak mengetahui bahan ba-caan apa saja yang ada di perpus-takaan. Atau setidak-tidaknya dosen tersebut akan tahu lebih dahulu bila ada bahan bacaan baru. Dengan de-mikian dosen tersebut bisa membaca lebih dahulu dan kemudian diinfor-masikan kepada mahasiswa atau memberi tugas kepada mahasiswa-nya untuk membaca bacaan tersebut. Keterlibatan dosen dalam pengelola-an perpustakaan tidak harus menjadi pengelola perpustakaan, namun bisa sebagai mitra pustakawan. Di be-berapa perpustakaan seringkali di-bentuk komisi perpustakaan yang be-ranggotakan dosen-dosen yang mem-punyai kepedulian yang tinggi ter-hadap pengembangan perpustakaan.
Artikel Terkait: